Daerah Wisata 

5 Wisata Sekitar Stasiun Bogor Ini Cocok untuk Berlibur Akhir Pekan

Harianbogor.com, Wisata – Butuh hiburan di akhir pekan, Bogor bisa jadi alternatif wisata yang menyenangkan. Agar tidak kena macet saat berwisata di Kota Hujan, cobalah sambangi wisata-wisata kotanya yang juga tak kalah mengasyikkan.

Anda bisa berjalan tidak jauh dari Stasiun Bogor, dan menyambangi banyak tempat wisata dengan aktifitas mengasyikan. Beberapanya berupa taman rekreasi, wisata alam, hingga museum.

Berikut KompasTravel, rangkum lima tempat wisata Kota Bogor yang dekat dengan stasiun, dan bisa dijangkau dengan jalan kaki.

1. Rekreasi di Taman Ade Irma Suryani

Taman yang lebih dikenal dengan Plaza Kapten Muslihat atau “Taman Topi” ini sudah beroperasi sejak puluhan tahun lalu. Sempat booming di tahun 1990 hingga 2000-an taman hiburan rakyat ini terus konsisten dengan wahana-wahananya yang terus berganti. Hingga kini lebih dari 20 wahana masih beroperasi, yang terbaru ialah wahana virtual reality.

Berada persis di sisi stasiun, Anda bisa berjalan kaki menuju ke sana. Tiket masuknya Rp 10.000 di hari biasa dan Rp 12.000 di hari libur. Untuk mencoba ragam wahananya seperti bom-bom car, kuda ponny, kiddy ride, perahu air dan yang lainnya perlu membeli tiket lagi mulai Rp 6.000-Rp 15.000.

Jam operasionalnya, Senin-Jumat mulai pukul 09.00-12.00 WIB. Sementara, untuk akhir pekan mulai 08.00-18.00 WIB.

Istana Bogor.
Istana Bogor.(shutterstock)
2. Memberi makan rusa di Istana Bogor
Salah satu wisata favorit yang tak jauh dari Stasiun Bogor ialah mengunjungi Istana Kepresidenan di Bogor. Istana Bogor, rutin dibuka setiap ulang tahun Kota Bogor, yaitu sekitar bulan Juli-Agustus. Anda bisa masuk dan berkeliling, melihat uniknya bangunan bersejarah ini.

Selain masuk ke dalam istana, setiap akhir pekan, wisatawan bisa memberi makan rusa-rusa yang ada di Istana ini, dari luar pagar. Anda cukup membeli wortel yang banyak dijajakan pedagang sekitar istana, dengan Rp 5.000-Rp10.000.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasein), yang dahulunya merupakan tempat labolatorium tanag, atau dinamakan Herbarium Bogoriense.
Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasein), yang dahulunya merupakan tempat labolatorium tanag, atau dinamakan Herbarium Bogoriense.

3. Museum Sejarah Alam Indonesia

Dahulu merupakan salah satu pusat penelitian Herbarium Bogoriense, juga museum etnobotani. Namun, karena koleksinya terus bertambah, berubah nama menjadi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasein).

Di Museum Sejarah Alam Indonesia tersimpan asal usul berbagai rekayasa genertik hasil alam di Indonesia. Perkembangan holtikultura, hingga perjalanan-perjalanan hasil alam Indonesia seperti kopi dan lainnya.

Anda bisa berkunjung di hari kerja mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Pada akhir pekan, museum buka mulai 08.00-14.00 WIB. Harga tiket untuk masuk ke museum dengan dua lantai ini Rp 5.000 per orang.

Wisatawan mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017). Kebun botani yang digagas oleh Prof C.G.C Reinwardt seorang botanis berkebangsaan Jerman sebagai tempat penelitian ini genap berusia 200 tahun.
Wisatawan mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat,

4. Mengintip Rumah Masa Depan di Kebun Raya Bogor

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Kebun Raya Bogor. Setiap tahunnya kawasan yang zaman kolonial merupakan halaman Istana Bogor ini terus menambah koleksi dan atraksi wisatanya.

Di akhir tahun 2017, wahana terbaru yang bisa Anda kunjungi ialah rumah masa depan. Di sana wisatawan bisa melihat siklus air di alam secara langsung, lalu teknologi-teknologi memanfaatkan alam terbaru yang ada di dunia.

Masuk Kebun Raya Bogor Anda bisa membeli tiket di beberapa pintu masuknya, dengan harga Rp 15.000 per orang mulai tahun 2018. Kebun Raya Bogor buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Kawasan Sempur, kini tak hanya jadi tempat berolahraga bagi warga Bogo, tapi juga bermain dan rekreasi keluarga.
Kawasan Sempur, kini tak hanya jadi tempat berolahraga bagi warga Bogo, tapi juga bermain dan rekreasi keluarga.
5. Taman bermain Lapangan Sempur

Kawasan Sempur ini dahulu merupakan salah satu gelanggang olahraganya warga Bogor. Namu, sekarang telah menjadi satu kawasan olahraga yang bersanding dengan rekreasi, juga kuliner.

Di sini terdapat Taman Ekspresi yang tiap bulannya rutin memutar film-film karya komunitas sineas Bogor dan Indonesia. Lalu ada panjat tebing, area bermain anak, hingga skatepark bagi para skateboarder.

Di salah satu sisinya juga terdapat ragam jajanan, aneka camilan hingga makanan seperti bakso.

398 total views, 1 views today

Related posts

Leave a Comment