Politik 

PKS Akhirnya Dukung Jaro – Inggrid

Cibinong, Detak Jabar – Tepat pukul 00.00 Partai Keadilan Sejahtera menyatakan dukungan terhadap pasangan Bupati dan Wakil Bupati, Jaro – Inggrid. “Ya, sudah konfirm, PKS mendukung Jaro – Inggrid,” kata Ketua BPP Sahaja, Puguh Kuswanto kepada Detak Jabar, Rabu (10/01/2018) di Cibinong.

Keputusan PKS ini sekaligus membantah rumors bahwa partai Islam ini akan mengajukan calon bupati sendiri. “Nyatanya malam ini  PKS mendukung kita,” tegasnya.

PKS adalah partai terakhir yang memberikan dukungan kepada pasangan Ade – Inggrid. Sebelumnya Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional, dan PKPI telah terlebih dahulu mendukung Jaro – Inggrid.  Dengan masuknya PKS ke dalam koalisi Partai Golkar, berarti semakin memantapkan Jaro – Inggrid memimpin Kabupaten Bogor 2018-2023.

Masuknya Inggrid mendamping Jaro Ade memang mengagetkan banyak pihak. Bahkan, DPP PAN telah resmi mengeluarkan surat keputusan (SK) rekomendasi kepada Ketua DPD Golkar Kabupaten Bogor Ade Ruhandi alias Jaro Ade sebagai calon bupati dan Ketua DPD PAN Kabupaten Bogor Arif Abdi sebagai calon wakil bupati Bogor 2018. Jaro dan Arif diusung untuk maju di pemilihan kepala daerah serentak 2018 nanti. SK dukungan yang dikeluarkan sejak 29 Desember 2017 itu menepis kerisauan kader dan pendukung  kedua partai. Golkar dan PAN sudah memenuhi jumlah kursi syarat pencalonan ke KPUD.

“Alhamdulillan DPP PAN sudah mengeluarkan SK Rekomendasi yang menetapkan Jaro Ade dan Arif Abdi sebagai bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Bogor di Pilbup Bogor 2018,” kata Arif Rahman dinukil dari metropolitan.id, Selasa 2 Januari 2017.

PAN Kabupaten Bogor berbeda arah dengan koalisi di Pilgub Jabar, Kenapa? Arif mengatakan karena beda situasi dan kondisi antara Jabar dengan Bogor. Apalagi, PAN dan Golkar merupakan sahabat lama yang berkoalisi sejak selesai Pemilu Legislatif 2014. PAN satu fraksi bersama Golkar di DPRD Kabupaten Bogor.

Apalagi, Arif menceritakan, terkait Pilbup Bogor 2018 kedua partai sudah membuat kesepakatan kerjasama politik. Dasar itulah yang membuat DPP PAN mengeluarkan rekomendasi ke Golkar, bukan ke PKS dan Gerindra. “Setiap wilayah beda kondisi, baik geografis atau psikologis. Kami (PAN dan Golkar) di Kabupaten Bogor memiliki chemistry sejak lama,”ungkap dia.

Langkah selanjutnya PAN menunggu SK rekomendasi dari DPP Golkar yang menjadi tugas Jaro Ade selaku Ketua DPD Golkar dan bakal calon bupati. PAN berharap Arif Abdi tetap menjadi pasangan Jaro Ade yang direkomendasikan DPP Golkar.

Namun, rekomendasi tidak turun juga, hingga akhirnya Inggrid Maria Palupi dari Demokrat yang didapuk mendamping Jaro Ade. Politik memang berubah setiap detik. (SWS)

142 total views, 2 views today

Related posts

Leave a Comment