Wisata 

Geopark Ciletuh, Gairah Baru Wisata Alam Sukabumi

Sukabumi, Detak Jabar – Hampir semua keindahan alam ada di Jawa Barat. Maka wilayah ini disebut Bumi Parahyangan, yang artinya buminya para bidadari yang sangat indah dan menawan.

Satu wilayah yang baru saja ditetapkan pemerintah sebagai tempat wisata alam yang dilindungi ada Geopark Ciletuh di Sukabumi. Bagi yang ingin merasakan ketenangan alam yang damai, namun tidak punya waktu yang banyak, datanglah ke tempat ini.

Geopark Ciletuh Sukabumi ini adalah salah satu lokasi liburan keren yang patut untuk dipertimbangan. Geopark Ciletuh merupakan kawasan dengan batuan tertua yang ada di Pulau Jawa.

Disebutkan juga kalau tempat ini dahulu sebenarnya adalah laut. Namun kini telah terangkat dari bawah laut, dan kemudian terkenal sebagai Geopark Ciletuh. Bentang alam di Teluk Ciletuh ini memang menarik. Lansekap yang membentang berbentuk menyerupai amfiteater raksasa yang mirip seperti tapal kuda yang menghadap langsung ke arah Samudera Hindia.

Memang cukup lama untuk menjangau wilayah ini. Untuk mengunjungi Geopark Ciletuh ini perlu waktu 10 jam dari Jakarta. Di samping itu, kita memerlukan waktu 3-4 hari jika ingin menikmati sebagian besar wisata alam yang ada di geopark. Tapi jika kalian mungkin hanya punya waktu terbatas, kalian masih bisa mengunjungi beberapa lokasi utama di Geopark Ciletuh yang bisa dijangkau dalam waktu satu hari. Misalnya seperti Panenjoan, Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung, Curug Awang, Curug Sodong, dan Puncak Darma.

Geopark Ciletuh ini memang tempat wisata keren di Jawa yang menawarkan pemandangan hamparan batu karang laut serta beberapa air terjun pegunungan yang cantik. Jadi di geopark yang ada di Sukabumi ini kalian bisa menikmati pemandangan alami yang ditawarkan. Lengkap dari gunung, air terjun dan lansekap cantik yang berlatar belakang laut.

Alamat lengkap Geopark Ciletuh ini berada di Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta. Untuk menuju ke tempat ini dibutuhkan waktu sekitar tiga jam perjalanan dari Jakarta dengan mobil offroad. Soalnya jalanan yang akan dilewati akan begitu menantang.

Akhir-akhir ini nama Geopark Ciletuh mulai menanjak. Sekarang ada beberapa opterator open trip yang mengemas wisata ke Geopark Sukabumi kedalam paket wisata. Harganya bervariasi, setiap orangnya bisa dikenakan biaya mulai dari IDR 700 ribu.

Dengan harga tersebut, kalian akan diajak berkeliling geopark menggunakan mobil berpenggerak empat roda atau four wheel drive untuk menyusuri hamparan batuan tua hasil proses sedimentasi jutaan tahun lalu. Kalian nantinya juga akan bisa menginap di rumah penduduk juga diajak berkeliling ke daerah pedesaan. Menyenangkan bukan?

Kalau masih kurang, kalian juga bisa pergi ke dataran tinggi di taman Geopark Ciletuh sambil menikmati keindahan dan panorama alam. Selain itu, menyusuri gua-gua di dekat laut pantai selatan, dan air terjun yang langsung jatuh ke laut tentu akan menyenangkan sekali. (liburmulu.com)

120 total views, 1 views today

Related posts

Leave a Comment