Religi 

Jaro Ade: Taman Miniatur 99 Masjid Dunia Bakal Jadi Pusat Ekonomi Umat

Sukajaya, Detak Jabar  – Rencana ulama internasional membangun 99 miniatur Masjid dunia di Indonesia, akhirnya terealisasi hari ini Sabtu, 20 Januari 2018. Ribuan warga memadati Lokasi Taman Miniatur 99 Masjid Dunia di Bukit Pasir Gocap, Desa Kiara Pandak, Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pembangunan 99 Miniatur Masjid Dunia di Indonesia telah direncanakan sejak tahun lalu, di mana penyanyi asal Amerika Serikat, Mustafa ’Debu’ turut memberikan dukungan.

”Saya sangat senang adanya rencana untuk membangun miniatur masjid itu karena menurut saya pembangunannya bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat,” kata Mustafa didampingi Jaro Ade, ketua DPRD Bogor di sela-sela acara Maulid Nabi di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat 9 Desember 2016.

Menurut Mustafa , pembuatan miniatur 99 masjid dunia itu bukan saja memberikan penguatan religi bagi masyarakat tetapi bisa juga memberikan banyak dampak yang positif bagi Indonesia umumnya terlebih lagi masyarakat Kabupaten Bogor.

“Khususnya ekonomi kerakyatan akan tumbuh, industri pariwisata, transportasi, jasa, dan lain sebagainya sehingga bisa mendorong taraf kesejahteraan masyarakat,” tutur Mustafa.

Seluruh masjid itu merupakan miniatur dari msajid di 26 negara di dunia dan akan dibangun di atas lahan dengan luas sekitar 215 hektare di daerah Pasir Madang , Sukajaya.

Selain masjid, rencananya akan dibangun pula museum, universitas, rumah sakit, perpusatakaan, hingga gerai-gerai wisata kuliner untuk semakin menarik minat wisatawan.

Sementara itu, dalam peresmian tadi pagi (20/01/2018) Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi atau Jaro Ade menceritakan tahapan-tahapan pemilihan lokasi pembangunan masjid dunia tersebut.

“Awalnya, lokasi yang direncanakan adalah kawasan Bogor Timur sekitar 200 hektar. Namun ada sedikit hambatan. Kemudian kami memberi pilihan kawasan Bogor Selatan, Bogor Utara, dan Bogor bagian barat,” ungkap calon Bupati Bogor tersebut.

Pemerintah Kabupaten Bogor diberi waktu 10 hari, untuk menjawab permintahan ulama dunia. Setelah melalui pertimbangan dan dibantu oleh ulama-ulama maka terpilihlah sebuah lokasi yang bertempat di Sukajaya.

“Lokasi ini merupakan hasil istikhoroh para ulama-ulama,” kata Jaro Ade.

Pembangunan 99 Miniatur Masjid Dunia diperkirakan memakan lahan sekitar 2.600 hektar yang berlokasi di bekas perkebunan cengkeh pada era Presiden Soeharto.

“Alhamdulillah, pemilihan lokasi ini disetujui oleh masyarakat setempat, pemerintah pusat, provinsi Jawa Barat dan Wakil Gubernur Deddy Mizwar sudah datang langsung meninjau lokasi,” tambah Jaro Ade yang kebetulan berasal dari Sukajaya tersebut.

Syukuran ini dihadiri  pangeran dan ulama utusan dari berbagai negara seperti Iran, Surya, Cina, Maroko, Tunisia, dan Rusia.

Ketua Yayasan Amanah Kita H. Hartono Limin mengungkapkan, dalam perizinan untuk pembangunan 99 Miniatur masjid di dunia ini sudah beberapa kali terkendala, yang tadinya akan di bangun di Kabupaten Bogor wilayah timur ternyata banyak kekurangan, dan alhamdulillah di Kecamatan Sukajaya lah masjid ini sudah dipersetujui untuk dibangun.

“Saya berterimakasih, kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, yang sudah melancarkan proses pembangunan ini,” katanya dalam sambutannya dihadapan ratusan Ulama, Kiyai dan masyarakat Kabupaten Bogor.

Hartono menyatakan sangat berterimakasih kepada Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi yang sudah berusaha semaksimal mungkin dalam kelancaran untuk pembangunan ini.

“Semoga dalam pembangunan nanti dapat berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Selain itu, Jaro Adepun menuturkan, dirinya juga berterimakasih kepada para Ulama dan Kiyai yang sudah hadir di Kabupaten Bogor ini, dan inipun adalah bentuk dan cara untuk mendongkrak perekonomian di Kecamatan Sukajaya.

Nantinya, kata Jaro, juga akan dibangun Universitas Internasional.

Ia meyakini, jika pembangunan ini berjalan dengan lancar, maka Perekonomian di Kabupaten Bogor Barat akan bertambah, dan pastinya lapangan pekerjaan pun akan terbuka untuk warga Kabupaten Bogor khususnya warga Sukajaya. (SWS)

403 total views, 1 views today

Related posts

Leave a Comment