Inovasi Mancanegara Nasional 

5 Fakta Ajaib Gerhana Super Blue Blood Moon 31 Januari 2018

Detakjabar.com – Gerhana super blue blood moon atau gerhana bulan total bakal terjadi di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Momen itu akan jatuh pada Rabu, 31 Januari 2018 mendatang atau bertepatan tanggal 14 Jumadil Ula 1439 H.

Atas fenomena tersebut, seluruh umat Islam dianjurkan melakukan salat sunnah gerhana bulan secara berjamaah. Mereka juga diimbau berzikir, istigfar, sedekah, dan beramal baik lainnya.

“Di samping itu, kami mengimbau agar umat Islam berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara,” ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin.

Sementara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebut, gerhana bulan total ini sebagai peristiwa alam yang menarik. Untuk itu, sangat disayangkan jika momen tersebut dilewatkan.

Gerhana bulan total akan berlangsung pada 31 Januari 2018. Peristiwa tersebut cukup langka karena gerhana terjadi saat Bulan berada dalam konfigurasi supermoon dan bluemoon.

Fenomena supermoon terjadi ketika saat purnama berada dalam jarak terdekatnya dengan bumi sehingga ukuran bulan ini menjadi 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada biasanya.

Bluemoon adalah bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan kalender.

234 total views, 1 views today

Related posts

Leave a Comment