Kesehatan 

Ibu-Ibu di Kramatmulya Terharu Didatangi Dokter RSU KMC

Kuningan, Detak Jabar – Panas terik yang memancar di kampung Kramatmulya, Kuningan, Jawa Barat, tak menyurutkan langkah kaum ibu dan bapak untuk mendapatkan pelayanan pengobatan gratis di desanya. Pengunjung yang sebagian besar ibu-ibu sepuh itu dengan sabar menunggu antrian untuk dilayani satu per satu oleh dokter Rumah Sakit Umum Kuningan Medical Center (KMC), Selasa (06/03). Meski tampak lelah, para pasien itu terlihat bahagia. “Abdi teh seneng pisan, aya program sepertos ieu,” kata Mamah Saidah yang duduk di barisan belakang antrian.

Layanan pengobatan gratis dari Rumah Sakit Umum KMC Kuningan yang digelar setiap bulan itu sudah berjalan sejak tahun 2015 di bawah kendali dr. Toto Taufikurohman Kosim sebagai Direktur.

Dokter Toto memang sudah bertekad ingin menyehatkan Kuningan dengan cuma-cuma. Cocok dengan hadist yang berunyi, “Sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat terhadap sesamanya,” kata dr. Toto dalam berbagai kesempatan.

Pengobatan gratis pagi itu diselenggarakan di sebuah ruko milik warga bernama Evi yang kebetulan teman baik sang dokter dermawan.

Kepala Kesekretariatan RSU Kuningan Medical Center Agus Sucipto yang merangkap sebagai panitia pelaksana bakti sosial mengungkapkan kegiatan ini akan digelar di seluruh desa di Kabuapaten Kuningan sebagai wujud kepedulian dan kesetiakawanan kepada sesama.

Hari ini, kata Agus, kegiatan sosial ini dibanjiri sekitar 200 pasien dan sudah mencapai 201 desa sejak pertama kali digulirkan. Tidak hanya pengobatan gratis, tetapi ada sunatan massal dan santunan yatim dan dhuafa. “Masih ada sekitar 150 desa/kelurahan lagi yang akan kita sambangi,” katanya kepada Detak Jabar.

Agus menjelaskan bahwa dana yang digunakan untuk baksos pengobatan gratis, santunan yatim dan pembagian bingkisan kepada kaum dhuafa merupakan dana dari corporate social responsibility (CSR) Rumah Sakit Umum KMC ditambah uang pribadi dr. Toto.

Kegiatan ini sinergi dengan program pasangan SenTOSA  (Toto-Yosa) yang saat ini tengah bertarung dalam Pilkada Kuningan. Pasangan nomor urut 1 itu, salah satunya memang mengusung masalah kesehatan di Kuningan. Kegiatan positif ini tentu sudah jelas manfaatnya bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Kuningan.

“RSU KMC Kuningan menerjunkan 2 dokter umum untuk melayani warga, kami memiliki program kepedulian untuk masyarakat, di sini warga juga dapat berkonsultasi tentang pelayanan kesehatan yang dimiliki RSU KMC Kuningan, terlebih tahun ini pasien prioritas program kami yang akan terus kita berikan pelayanan standar paripurna,” kata Agus. (Mia)

 

366 total views, 3 views today

Related posts

Leave a Comment