Daerah Infrastruktur Politik 

Ditemani Pemuda, dr. Toto Bicara Masa Depan Kuningan

Cidahu, Detak Jabar – Ibarat setetes air di gurun pasir, dahaga menjadi sirna. Kedatangan dr Toto ke wilayah Kuningan Timur disambut suka cita oleh masyarakat setempat. Maklum Kunti alias Kuningan Timur selama ini memang jarang disentuh tangan pemerintah, tepatnya di kampung Tarik Kolot, Cidahu. Dokter Toto yang hadir bersama Tim Kuningan Medical Center memberikan nuansa lain di desa itu. Ada raut wajah kegembiraan yang tampak di wajah mereka. Ada optimisme yang muncul dengan kedatangan dr. Toto dan tim.

Pengobatan gratis oleh KMC di bawah asuhan dr. Toto berpusat di kampung Tarik Kolot, dusun Getrak RT 01 Desa Cihideunghilir, Kec. Cidahu, Kuningan Timur, tepatnya bertempat di rumah bapak Aan. Ratusan warga mendatangi pengobatan gratis itu.

Usai melaksanakan tugas sebagai “dokter keliling”  dr.Toto menghampiri warga, ibu- ibu hingga pemuda di desa. Banyak ibu yang ingin bersalaman dan foto bareng dengan dr. Toto. Mereka berebut ingin menjangkau dr. Toto. Dr. Toto pun mendekati mereka agar mereka tidak kecewa. Tak lupa dr. Toto juga menghampiri para pemuda desa yang ada di wilayah itu. “Ya, inilah para generasi penerus bangsa. Di pundak kalianlah masa depan kita berada,” serunya sambil menepuk pundak salah satu pemuda saat diminta untuk berfoto bersama.

Amali, pemuda 17 tahun, salah satu pemuda yang ikut berfoto bersama dr.Toto mengungkapkan betapa senangnya bertemu calon bupati pujaannya. “Saya sangat bangga dan senang sekali, desa saya didatangi calon bupati dan berkesempatan berfoto bersama. Tahun ini saya sudah memiliki hak suara dan saya sangat setuju Dr. Toto menjadi bupati karena ramah terhadap masyarakat. Saya harap semoga bapak sukses dalam Pilkada,” tegasnya.

Tak hanya mendekat, Amali bersama pemuda yang lain juga bercengkerama dengan dr. Toto, serasa teman sebaya. Mereka mendiskusikan banyak hal,  menanyakan pekerjaan, kegiatan sehari-hari, serta hal yang dibutuhkan para pemuda di desa tersebut. Dr. Toto juga menampung semua aspirasi para pemuda desa tersebut untuk masa depan Kuningan yang akan datang.

Tak lupa dr. Toto juga menanyakan keadaan desa, dari produk desa, jumlah kepala keluarga, dan kesehatan warga. Tak segan Dr. Toto menghampiri orang-orang yang sedang membangun kandang kambing, menunggu warung, hingga menanam sayuran.

Seorang pemilik warung, Ibu Baah (30) nyaris nangis melihat kedatangan dr. Toto. Ia tak menyangka calon bupati datang ke warungnya dan memesan kopi. “Alhamdulillah, senang, bapak calon bupati sangat ramah,” katanya sambil matanya berlinang.

Setelah ngopi sejenak, Dr. Toto juga menghampiri  Ibu Janah (65) tahun untuk menanyakan kesehatan nenek setengah tua itu. Tak hanya itu, dr. Toto juga meminta doa restunya. Ibu Janah sambil bersalaman dengan dr. Toto menititpkan doa. “Alhamdulillah, semoga bapak sehat dan sukses selalu. Semoga keinginannya tercapai, selamat dunia akhirat, bapak yang baik semoga dapat yang baik amin,” gumamnya.

Usai bertemau dengan warga masyarakat, dr. Toto juga menyempatkan diri meninjau pembangunan Jembatan Ciroke, Desa Cikeusik. Kec. Cidahu, Kuningan, Jawa Barat.

Dr Toto juga menyempatkan diri berkunjung ke perbatasan desa Jatimulya,  dusun Manis sekaligus bersilaturahmi dengann H. Asep Asro, keluarga besar galian pasir. Di sana ia membahas mengenai perkembangan desa, juga perkembangan wilayah Kuningan Timur atau yang sering kita dengar dengan istilah Kunti.

Lokasi yang jauh dari pusat kota, memang jarang ditinjau oleh pemerintah. Hal ini menjadi bukti perhatian dr. Toto kepada semua warga di wilayah kota Kuningan. (ima)

403 total views, 1 views today

Related posts

Leave a Comment