Politik 

Semua Tukang Parkir Pasar Ciawigebang Pilih Toto-Yosa

Kuningan (Detak Jabar) – Pilkada Kuningan 2018 semakin dinamis. Baik dari pasangan calon maupun para pendukung, termasuk masyarakat luas semua bergerak maju. Tak ketinggalan para tukang parkir di Pasar Ciawigebang semakin intensif memantau perkembangan para calon bupati. Seakan tak mau salah pilih.

Reportase Detak Jabar di pasar rakyat itu menunjukkan hasil yang mengagetkan, di mana semua tukang parkir yang bekerja tulus ikhlas sepanjang hari itu, mengaku akan memberikan suaranya kepada pasangan dr. Toto Taufikurohman Kosim dan Yosa Octora Santono, 27 Juni 2018 mendatang.

Mulyana (32) tukang parkir yang mengelola lapak di blok buah-buahan mengaku saat ini belum punya pilihan. Tetapi jika mengacu pada informasi yang ia dengar dari kawan-kawannya, Mulyana condong kepada pasangan Toto-Yosa. Sebab, di matanya, pasangan ini cukup merakyat. Apalagi, Toto yang berprofesi sebagai dokter, mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat yang selama ini diberi pertolongan. “Pak dokter senangnya blusukan ke desa-desa, oranngnya ramah,” katanya.

Tak jauh dari Mulyana bekerja, Iskandar (41) yang juga berprofesi sebagai tukang parkir, menegaskan bahwa dia telah manjatuhkan pilihannya kepada dr. Toto. “Saya Toto,” katanya kepada Detak Jabar sambil tersenyum, Jumat (23/03/2018).

Dalam pandangan Iskandar, calon bupati Toto cukup mewakili harapan masyarakat Kuningan pada umumnya. Apalagi, jika melihat sepak terjang dr. Toto selama ini yang memang sudah dekat dengan masyarakat. “Kita semua tahu dr. Toto telah sukses dengan program pengobatan gratis,” tegasnya.

Hanya saja, Iskandar mengaku sedikit berkecil hati karena tak ber-KTP Kuningan. Ia ber-KTP Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Iskandar yang hendak hijrah ke Kuningan ingin sekali mendapatkan KTP Kuningan sebelum Pilkada Kuningan digelar. “Nih KTP saya masih DKI. Saya pingin pindah, gimana caranya ya Om,” tanya Iskandar sambil menunjukkan KTP-nya.

Sejalan dengan Mulyana dan Iskandar, tukang parkir lainnya, Udin juga begitu bersemangat ketika ditanya siapa yang akan jadi pilihannya saat  Pilkada Kuningan kelak. Udin mengaku

jatuh cinta kepada dr. Toto. “Saya dan keluarga telah memutuskan untuk memilih dr. Toto,” katanya bersemangat.

Menurut Udin, sosok seperti dr. Toto adalah sosok yang dicari masyarakat Kuningan setelah puluhan tahun dipimpin oleh pejabat yang itu-itu saja. Udin menilai, dr. Toto sangat dekat dengan rakyat, mengerti perasaan rakyat, dan tahu apa yang dikehendaki rakyat. “Ibarat sedang praktek, dokter menanyakan pasien dengan hati yang lembut. Inilah yang dibutuhkan masyarakat kita, yakni kelembutan dari para pemimpin. Kuningan akan maju jika dipimpin oleh bupati yang cerdas dan peduli,” paparnya.

Udin berharap ada perubahan signifikan jika Kuningan dipimpin oleh dr. Toto.  Sebab, Udin melihat ada kevakuman dan kemandegan dalam proses pembangunan Kuningan. “Kita lihat saja, masak dari dulu Kuningan kayak gini terus, gak ada perubahan,” keluhnya.

Keyakinan Udin akan kemenangan Toto adalah lantaran pasangan Toto-Yosa ini didukung oleh banyak partai. “Biasanya yang didukung oleh banyak partai itulah yang akan menang, sebab pimpinan partai pasti sudah tahu sosok yang bisa memimpin Kuningan,” pungkasnya. (wid)

213 total views, 1 views today

Related posts

Leave a Comment