Ekonomi Politik 

Kuningan Harus Surplus Budidaya Ikan

Kuningan (Detak Jabar) – Relawan Sentosa Beling (Bela nu Eling) desa Awirarangan, kecamatan Kuningan mengadakan kegiatan “ngobeng lauk” di kolam ikan milik relawan H. Kosim. Sebanyak 5 kwintal ikan yang merupakan sumbangan dari relawan dan partai disebarkan ke  dalam kolam untuk ditangkap bersama-sama. Lima kwintal ikan itu terdiri dari ikan bawal dan ikan mas, yang merupakan sumbangan dari setiap partai pendukung Sentosa, di antaranya adalah PPP, PKB, Demokrat, PKS,  Hanura, dan Berkarya.

“Ikan ini berasal dari sumbangan setiap partai pendukung sentosa, satu partai menyumbang satu kwintal,” ungkap dr. Toto saat diwawancarai media nasional RCTI.

Terpantau ada ribuan masyarakat menyaksikan perhelatan ini. Setidaknya ada 500 orang yang akan ikut masuk ke dalam kolam untuk berpartisipasi. Tak tanggung- tanggung kedua pasangan calon Bupati dr. Toto Tauffikurahman Kosim dan wakilnya Yosa Octora Santono ikut masuk ke dalam kolam.

Keikutsertaan pasangan calon bupati ini disambut meriah oleh masyarakat. Lagi- lagi masyarakat berteriak Sentosa dan memanggil nama dr. Toto dan Kang Yosa untuk memberi semangat. Kurang lebih 25 peserta masuk ke dalam kolam untuk menangkap ikan yang telah disebar. Jaja warga Awirarangan turut merasa bahagia dengan diselenggarakannya acara “ngobong lauk”.

Pria berusia 27 tahun ini mengatakan “Pasangan dr. Toto dan kang Yosa ini benar- benar mantap sekali,   mau bergabung berkotor- kotor ria bersama peserta yang lain, masuk ke dalam kolam yang penuh lumpur. Benar- benar calon pemimpin yang merakyat,” tegasnya.

Dr. Toto mengingatkan kepada masyarakat Kuningan untuk selalu mengonsumsi ikan, di samping sehat, juga tidak perlu impor.

Hal yang terpenting adalah mengomunikasikan kepada masyarakat bahwa ikan mengandung bayak sekali gizi yang dibutuhkan otak. “Saya harap masyarakat Kuningan tidak kekurangan itu dan jangan sampai masyarakat Kuningan mendapatkan ikan dari luar,” jelas Toto.

Oleh karena itu, Toto mengajak masyarakat Kuningan harus bisa membudidayakan ikan secara baik dan benar. Tujuan akhirnya adalah  swasembada ikan. (ima)

303 total views, 2 views today

Related posts

Leave a Comment