Ekonomi 

Sempat Turun, Harga Cabai di Pasar Tradisional Kembali Naik

Detakjabar.com – Harga cabai di pasar tradisional kembali mengalami kenaikan. Setelah sempat turun pada pekan lalu, awal pekan ini harga komoditas sayuran tersebut kembali naik.

Siti Romlah (40), salah satu pedagang sayuran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengatakan, pada bulan lalu harga cabai mengalami kenaikan. Kemudian di awal bulan ini harga komoditas tersebut perlahan turun. Namun kini harga cabai, khususnya rawit hijau dan cabai merah besar (TW) kembali naik.

“Kemarin sudah turun, tapi sekarang naik lagi. Rata-rata naik Rp 5.000. Kalau (rawit) merah naik sedikit, Rp 2.000. Tapi kalau (rawit merah) naik biasanya langsung cepat (kenaikannya),” ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (9/4/2018).

Saat ini harga cabe rawit merah berada di kisaran Rp 46 ribu per kg, rawit hijau Rp 35 ribu per kg, cabai merah keriting Rp 40 ribu per kg dan cabai TW sebesar 53 ribu per kg.

Selain cabai, pedagang juga mengeluhkan masih tingginya hanya bawang putih dan bawang merah di pasar tersebut. Saat ini kedua komoditas ini dibanderol pada harga Rp 40 ribu per kg dan 35 ribu per kg.

“Bawang juga masih tinggi. Biasanya cuma Rp 25 ribu per, sekarang Rp 35 ribu. Malah yang (bawang) putih Rp 40 ribu,” ungkap dia.

Sementara untuk komoditas sayuran lain saat ini masih cenderung stabil. Namun Romlah meminta pemerintah tetap melakukan antisipasi lonjakan harga sayuran saat musim hujan.

“Kalau hujan biasanya kan pasokannya bermasalah, entah pengirimannya ke sini yang sulit atau panennya enggak banyak. Kita sih pedagang harapannya harga stabil,” tandas dia. Sumber dari Liputan6.com

164 total views, 1 views today

Related posts

Leave a Comment