Kesehatan 

Hobi Makan Seblak dan Es Krim Tapi Gigi Sering Terasa Ngilu?

Dunia kuliner sedang gencar menghadirkan menu-menu makanan unik yang rasanya tak kalah lezat. Aneka makanan populer itu sering disebut sebagai makanan kekinian. Tak hanya di mal, makanan kekinian juga banyak dijajakan di outlet pinggir jalan.

Belum coba makanan kekinian ala anak ‘zaman now’? Wah, sebaiknya segera luangkan waktu Anda untuk mencicipi aneka makanan kekinian yang sedang digilai di awal tahun ini. Kalau belum tahu harus coba jenis makanan apa, berikut ini deretan makanan kekinian yang bisa Anda coba di akhir pekan ini.

Seblak

Makanan pertama yang berhasil mencuri perhatian yaitu seblak. Kuliner asal Bandung ini biasanya dihidangkan selagi hangat dengan cita rasa pedas menggigit baik berkuah atau kering. Dalam satu mangkuk seblak ada kerupuk, makaroni, mi, bakso, ceker, hingga sayap ayam.

Rasanya yang pedas dijamin akan membangkitkan selera makan. Hati-hati, jangan langsung minum air dingin, rasa pedasnya justru bisa semakin bertambah.

Gelato

Sama-sama disajikan dalam keadaan dingin, namun gelato berbeda dengan es krim. Padahal gelato sendiri memiliki arti es krim dalam Bahasa Italia, akan tetapi dalam perkembangannya gelato dibuat sesuai tradisi orang italia.

Gelato memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan es krim. Alasannya, gelato dibuat dengan susu yang lebih banyak dibanding krim, beberapa jenis gelato bahkan ada yang menggunakan sedikit kuning telur. Gelato yang baik memiliki tekstur yang padat tetapi masih bisa diambil dengan scoop dan mudah dibentuk. Wah lezatnya, panas-panas makan gelato dingin.

Sate Taichan

Satu lagi makanan pedas yang banyak digilai anak zaman now. Sate taichan sama-sama menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya. Namun setelah dibakar, tampilannya polos dan hanya dinikmati dengan sambal dan perasan jeruk limau.

Nikmatnya menyantap sate taichan pedas yang baru selesai dibakar. Jika ingin mencicipi sate taichan, cukup datangi daerah senayan, di sana ada penjual sate taichan legendaris yang selalu ramai pembeli setiap malam.

Cheese Tea

Setelah milk tea, thai tea, kini giliran cheese tea atau teh keju yang diburu anak zaman now. Minuman kekinan ini punya rasa unik namun tetap lezat. Sudah banyak gerai-gerai minuman yang menjual cheese tea.

Untuk menyantap teh ini ada panduannya. Pertama, sobek lembaran plastik di atas gelas dengan pisau plastik kecil. Lalu teguk langsung kejunya dengan mulut. Kalau menggunakan sedotan, paduan teh dan kejunya bisa langsung diminum bersamaan. Sensasi es teh dingin yang manis dicampur dengan cream cheese, emang nikmat banget ya!

Dari beberapa makanan kekinian tersebut, rasanya lebih identik dengan pedas, manis, dan dingin. Akibatnya, banyak orang merasa ngilu di gigi setelah menyantap deretan makanan kekinian tersebut.

Untuk diketahui, ngilu merupakan rasa sakit yang muncul di gigi ketika mengonsumsi makanan dingin, manis, asam, maupun panas. Biasanya rasa ngilu disebabkan oleh gigi sensitif. Namun hanya 30 persen dari penderita yang melakukan pencegahan atau pengobatan untuk mengatasi masalah gigi sensitif.

Sudah tahu kan rasa ngilu bisa muncul tiba-tiba? Bisa saja rasa ngilu muncul saat Anda sedang makan puding ketika menghadiri pesta pernikahan teman. Kalau sudah begitu, Anda bisa mati gaya dan tak mampu mengeluarkan sepatah kata pun untuk membalas obrolan teman Anda.

Pada akhirnya, semua makanan lezat itu, terutama yang memicu rasa ngilu tidak bisa dinikmati dengan puas. Anda harus tahu, sikat gigi dengan pasta gigi biasa saja tidak cukup untuk membantu meredakan gigi ngilu.

Sumber dari Detik.com

114 total views, 3 views today

Related posts

Leave a Comment