Aktivitas Warga di Rumah Saja Pecut Lonjakan Trafik Internet

Dia merinci kontribusi datang dari bertambahnya jumlah pengguna aplikasi pendidikan berbasis daring (e-learning) seperti Ruang Guru, Paket Ilmupedia, dan Google Classroom yang dikatakan mencapai lebih dari 5.404 persen.

Selain itu, dia mengatakan kenaikan pengguna aplikasi penunjang layanan aplikasi bekerja secara daring seperti Zoom, Microsoft Teams, dan CloudX naik lebih dari 443 persen, payload dari komunikasi pesan instan (melalui WhatsApp, Line, Telegram) sebesar 40 persen, gim online sebesar 34 persen, dan layanan streaming video seperti YouTube dan MAXStream sebesar 17 persen.

Meski meningkat, Abidin mengklaim layanan internet Telkomsel tidak mengalami gangguan. Dia berkata Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan seiring tingginya potensi penggunaan layanan data.

“Pengamanan jaringan terutama difokuskan di wilayah residensial dan juga titik posko penanggulangan Covid-19, seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait,” ujar Abidin kepada¬†detakjabar.com.

Selain itu, Abidin juga berkata pihaknya tengah mengupayakan penanganan pengamanan trafik jaringan dengan menyiagakan kapasitas tambahan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi, terutama trafik layanan berbasis data dan digital, dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1.800, 2.100, dan 2.300 Mhz.

Dia juga bilang Telkomsel memastikan kesiapan seluruh infrastruktur dan teknologi dalam menjaga kenyamanan pelanggan untuk mengakses layanan telekomunikasi, terutama untuk layanan berbasis broadband dan digital.

“Hingga saat ini, seluruh layanan masih terjaga baik kualitas maupun kapasitas, dengan mengoptimalkan seluruh aset yang dimiliki Telkomsel,” ujarnya.

 792 total views,  12 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *