Aktivitas Warga di Rumah Saja Pecut Lonjakan Trafik Internet

Operator jaringan yang lain, XL Axiata, menjelaskan ada kenaikan trafik sebesar 15 persen selama masyarakat diminta berada di rumah. Group Head Corporate Communication XL Tri Wahyuningsih mengatakan kenaikan trafik itu juga tidak mengganggu layanan kepada konsumen.

“Ada kenaikan sebesar 15 persen per minggunya. Alhamdulillah tidak ada gangguan yang serius,” ujar Ayu kepada¬†detakjabar.com

Ayu menyampaikan pihaknya sudah melakukan langkah di tengah situasi saat ini, misalnya melakukan monitoring terhadap performa dan kualitas jaringan selama 24 jam, mengecek secara langsung dan rutin setiap BTS untuk mendeteksi serta mengetahui kemungkinan-kemungkinan potensi gangguan, kemudian juga menyiapkan baterai cadangan dan genset untuk cadangan listrik.

Selain itu, Ayu menyampaikan pihaknya melakukan upaya pengalihan trafik jaringan dari BTS yang terdampak mati listrik ke BTS lainya yang berada di sekitar lokasi dan akan melakukan penyeimbangan trafik terlebih dahulu untuk memastikan performa jaringan.

“Melakukan penambahan kapasitas jaringan di 1.000 titik/site mengikuti perkembangan peningkatan trafik harian, dan kami sedang dalam proses untuk meningkatkan kapasitas di 1.000 site tambahan,” ujarnya.

Seperti Telkomesl dan XL, Indosat Ooredoo juga mengatakan mengaku terjadi kenaikan trafik sekitar 15 persen selama kebijakan berada di rumah. Head of Corporate Communications Turina Farouk menjelaskan pihaknya memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman digital terbaik mendukung kebutuhan komunikasi yang tinggi saat ini.

“Sejauh ini 10-15 persen kenaikannya sejak Work Form Home,” ujar Turina kepada¬†detakjabar.com.

Turina juga menyampaikan Indosat memiliki Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) untuk memastikan kualitas jaringan para pelanggan.

Tri menyampaikan rata-rata lonjakan trafik selama sebulan terakhir sekitar 15 persen. Wakil Presiden Direktur Tri, Danny Buldansyah, berkata pihaknya terus meningkatkan dan memastikan quality of service jaringan tetap terjaga.

“Saat ini average speed pelanggan Tri di kisaran 7Mbps selama WFH,” ujar Danny kepada detakjabar.com.

Sementara itu, Deputi CEK Mobility Smartfren Sukoco Purwokardjono juga mengatakan pemakaian data naik sekitar 15-20 persen. Selain karena WFH, dia berkata kenaikan didukung oleh pelajar dan mahasiswa yang belajar dari rumah.

“Kenaikan kurang lebih 15 sampai dengan 20 persen. Kalau dampak PSBB masih belum kelihatan karena baru diterapkan hari ini,” ujarnya. (panji/fea)

 465 total views,  3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *