Edi Sovian Menuju Rawapanjang Gemilang

Oleh Sarwono

Bogor, detakjabar.com – Desa Rawapanjang Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor sebentar lagi akan mengadakan Pemilihan Kepala Desa. Tepatnya pada 20 Desember 2020, hanya terpaut 10 hari dari Pilkada serentak.

Rawa Panjang adalah sebuah desa baru di Kecamatan Bojonggede, Bogor. Desa ini terbentuk pada tahun 1985, yang merupakan hasil pemekaran dari Desa Pabuaran. Kini Pabuaran sudah berubah status menjadi Kelurahan. Letak Desa Rawapanjang tidak jauh dari Stasiun Citayam. Oleh karena itu desa ini cukup padat karena berdekatan dengan pusat transportasi massal ke Jakarta maupun Bogor dan Cibinong.

Dengan jumlah penduduk yang mencapai  di atas 30.000, hak pilih
27.000, RT 140 dan RW 24 sudah selayaknya dibutuhkan pemimpin yang punya wawasan luas, jaringan mengakar, dan pengalaman organisasi yang mumpuni.

Edi Sovian adalah salah satu kandidat kepala desa yang memenuhi kriteria itu. Pengusaha sukses kelahiran Medan, tepatnya di Tigalingga, 4 April 1975 itu tergerak hatinya untuk memajukan desa yang sangat ia cintai. Ia memang kelahiran Medan, tetapi leluhurnya berasal dari Purworejo,. Jawa Tengah.

“Saya merasa terpanggil untuk memajukan desa saya dan mensejahterakan masyarakat,” katanya dalam perbincangan dengan wartawan detakjabar.com.

Dengan segudang pengalaman berorganisasi, Edi merasa inilah saatnya untuk turun  langsung ke desa menyejahterakan warganya.

Ia saat ini menjadi Ketua RW, sebelumnya menjadi anggota BPD dan Pengurus Takmir Masjid. Tak hanya itu, di tingkat politik lokal maupun nasional ia juga terlibat dalam pemenangan Bupati, anggota DPRD maupun DPR RI.

Impian pertama saat menjadi Kepala Desa kelak, Edi akan fokus menyejahterakan masyarakat, membenahi birokrasi, dan membangun infrastruktur.

Data warga menjadi salah perhatian Edi untuk dibenahi. Makanya, ia berjanji akan membuat database warga agar tidak terjadi tumpang tindih data kependudukan.

Di sektor lingkungan, Edi berikhtiar akan membuat jalan dan gang mulus anti becek. Sementara di sektor pendidikan, Edi akan memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi. Mobil siaga dan ambulan gratis juga akan diupayakan Edi saat menjadi Kepala Desa, kelak agar penangana terhadap orang sakit menjadi lancar.

Edi melihat pemimpin di desa sudah saat mulai memikirkan penghasilan rutin yang bisa untuk meningkatkan kesejahteraan warganya. Ia akan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dengan demikian persoalan di desa perlahan tapi pasti bisa diatasi. Edi juga akan memberikan honor guru ngaji, marbot, dan pengurus jenazah. Bahkan, dana kehormatan untuk Ketua RT, Ketua RW, Kepala Dusun, Kader Posyandu, PKK, dan Linmas akan dinaikkan.

Bagi kalangan generasi milenial, Edi akan memberikan pelatihan dan modal kerja untuk generasi muda Rawapanjang.

Untuk mengembangkan bakat anak muda, Edi akan meningkatkan sarana dan prasarana olahraga dan seni budaya.

Jika misi Edi bisa terlaksana, Insya Allah desa Rawapanjang akan menjadi desa termaju di Bogor. Oleh karena itu mulai sekarang, masyarakat harus bisa mencari sosok kepala desa yang punya wawasan dan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat yang dipimpinnya. Sosok itu ada pada Edi Sovian yang bertekad menciptakan Rawapanjang Gemilang. *)

 2,322 total views,  3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *