Lulus Tes Cakades, Edi Sovian Makin Mantap Pimpin Desa Rawapanjang

Bojonggede, detakjabar.com – Bakal Calon Kepala Desa Rawapanjang Kecamatan Bojonggede, Edi Sovian dinyatakan lulus setelah mengikuti ujian tertulis yang diadakan oleh Panitia Pilkades Kecamatan Bojonggede. Tes ini wajib diikuti oleh setiap bakal calon kepala desa untuk mengukur kemampuan intelektualitasnya dalam memimpin sebuah desa.

Pelaksanaan ujian tersebut digelar di kantor Kecamatan Bojonggede Bogor, pada Sabtu, 07 November 2020.

Semua bakal calon Kades tidak boleh datang terlambat. Peserta ujian wajib tiba di lokasi 30 menit sebelum tes dimulai.

Panitia mengimbau peserta ujian untuk tertib saat tes tertulis. Peserta dilarang mencontek. Untuk menghindari kecurangan, ujian bakal diawasi ketat.

Edi menegaskan jumlah soal ada 50 pertanyaan yang materinya terdiri dari Pancasila, UUD 45, Peraturan Desa dan Bahasa Indonesia.

Adapun penilaiannya sesuai dengan Perbub No. 66 tahun 2020.

Seleksi calon kepala desa ini sangat transparan karena langsung dikoreksi oleh masing-masing balon dan panita. Hasilnya penilaian dijumlahkan dengan point point indikator pengalaman organisasi, ijazah, dan usia.

Ujian ini lanjut Edi secara jelas menguji kemampuan pengetahuan umum para peserta. Dalam tes itu, peserta juga bakal diuji ihwal peraturan kedesaan.

Dalam ujian tersebut, para bakal calon kades diimbau membawa KTP atau surat keterangan kependudukan. Para peserta juga wajib berpakaian rapi ; mengenakan celana panjang dan kemeja lengan panjang. Peserta juga wajib memakai sepatu.

Edi menuturkan, ujian tertulis ini merupakan tahapan penting. Sebab jika gagal, peserta otomatis gugur. Alhamdulillah saya bisa lolos.

Tahapan selanjutnya, kata Edi adalah penetapan calon yang akan dilaksanakan pada 11 November 2020. Edi berharap, jika kelak terpilih menjadi Kepala Desa Rawapanjang, bisa mewujudkan 10 Program Unggulan untuk menuju masyarakat yang sejahtera, aman, dan nyaman. (SWS)

 1,245 total views,  3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *